RELAWAN DORONG YANCE NDAUMANU MAJU CAWALKOT KUPANG

WARTANET NKRI.COM, KUPANG – Maraknya dukungan masyarakat akar rumput yang mendorong Gustaf Yance Ndaumanu untuk maju pada bursa calon Walikota Kupang periode 2024-2029, akhirnya membuat Kader Prtai Demokrat yang juga anggota DPRD Kota Kupang itu buka suara kepada awak media.

Bertempat di Rumah Makan Bambu Kuning bilangan Kelurahan Kayu Putih, pada hari Rabu (17/94/2024), Gustaf Yance Ndaumanu yang akrab dipanggi Yance Ndaumanu, membeberkan berbagai hal terkait mekanisme penjaringan Calon Walikota dari Partai Demokrat yang sangat ketat.

Kepada awak media, Yance mengatakan juga juga bahwa dirinya selalu didatangi masyarakat akar rumput dari berbagai kelurahan yang bersedia menjadi relawan dan mendoronya maju sabagai salah satu kandidat Calon Walikota Kupang. Berikut isi wawancara antara Yance Ndaumanu dengan awak media :

Awak Media :

Bapak diinginkan masyarakat maju Calon Walikota, pendapat bapak ?

Gustaf Yance Ndaumanu :

Saya sangat menghargai dan menghormati aspirasi masyarakat yang berkembang saat ini, saya sangat berterimakasih. Namun sebagai kader, saya mesti tunduk dan patuh pada mekanisme sistim penjaringan Calon Walikota yang sedang dilakukan oleh Partai Demokrat dengan sistim yang sangat ketat. Tetapi saya juga tidak tega menolak dukungan besar dari masyarakat akar rumput yang selalu mendorong saya untuk maju.

Awak Media :

Apakah ada aturan penjaringan yang dapat menganjal bapak ?

Gustaf Yance Ndaumanu :

Oh tidak, bukan begitu. Maksud saya proses penjaringan yang dilakukan partai sedang berjalan sesuai mekanisme dan ada syarat-syarat umum dan khusus yang menjadi patokan bagi seorang Calon Walikota Kupang. Secara umum tentunya seorang figure harus memiliki integritas diri yang cukup, memiliki kredibilitas diri yang baik dimata public, memiliki karakter pemimpin yang kuat dan berpotensi mampu mengakomodir semua unsur kekuatan masyarakat agar dijadikan pedoman membangun kota Kupang kedepan. Dan yang amat penting lagi, apakah seorang figure tersebut sudah pernah berbuat banyak untuk masyarakat ?

 Awak Media :

Apakah syarat-syarat tersebut dapat melemahkan niat bapak untuk maju ? 

Gustaf Yance Ndaumanu :

Yach, kita manusia tentu tidak sempurna, pasti ada yang kurang sana-sini, karena itu kita harus punya niat yang tulus dan jujur mau melayani masyarakat untuk hidup lebih baik lagi. Terkait syarat-syarat itu tergantung penilaian partai pada saya sebagai kadernya. Saya telah menjalankan amanah partai sebagai pelayan rakyat selama menjadi anggota DPRD Kota Kupang dan tentu partai telah mengamati perjalanan politik saya selama ini.

Awak Media :

Dari penjelasan bapak di atas, dan dukungan akar rumput artinya bapak akan maju ?

Gustaf Yance Ndaumanu :

Dorongan masyarakat telah membuat hati saya mulai mengakar untuk ingin maju, namun secara pribadi saya belum merundingkannya secara serius dengan keluarga besar dan Isteri serta anak-anak. Sebagai langkah awal saya sedang siapkan bathin untuk bergumul dalam Doa meminta petunjuk Sang Maha Kuasa. Menurut saya Jabatan dan Kuasa serta keberhasilan hidup ini oleh karena Kemurahan Tuhan, karena itu Doa Pergumulan minta Petunjuk, akan menuntun dan melancarkan langkah  saya untuk mendaftarkan diri maju sebagai kandidat calon walikota Kupang.

Awak Media :

Jika nanti akhirnya bapak maju, apa isu yang jadi perhatian bapak ?

YN :

Kita tahu bersama, bahwa banyak persoalan hidup yang dialami masyarakat kita saat ini, namun yang terpenting adalah persoalan ekonomi yang dialami oleh masyarakat kecil yang membuat mereka tak berdaya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari serta gagal mendorong anak-anak mereka untuk maju meraih pendidikan yang layak. Karena itu, menurut saya, persoalan ekonomi harus menjadi perhatian serius untuk diperjuangkan secara maksimal sehingga masyarakat bisa berusaha secara berdikari, mandiri, dan sejahtera yang berkesinambungan.

Awak Media :

Apa pesan bapak kepada masyarakat yang siap menjadi relawan ?

Gustaf Yance Ndaumanu :

Lewat ini, dengan rendah hati saya ucapkan banyak-banyak terimakasih kepada warga masyarakat kota kupang yang selama ini peduli dan mendorong saya agar bersedia maju sebagai Kandidat Calon Walikota Kupang. Saya tentu siap sesiap-siapnya untuk maju sebagai  calon namun tentunya sebagai kader Partai, saya juga harus patuh terhadap mekanisme penjaringan yang sedang berlangsung.

Setelah selesai melakukan Tanya jawab detail dengan awak media, Yance Ndaumanu, menjelaskan secara umum terkait Biografi singkat pribadinya bersama keluarga. Adapun Biografi singkat tersebut :

BIOGRAFI SINGKAT GUSTAF YANCE NDAUMANU

Gustaf Yance Ndaumanu Lahir tahun 1956. Ayahnya bernama Filmon Ndaumanu yang berasal dari Suku Rote, sedangkan Ibunya bernama Elisabeth Banik, berasal dari suku Alor. Tamat SD Tahun 1969, tamat STN Kupang 1973, tamat STMN Kupang 1975.

Pernah Kuliah di Akademi Perikanan Jakarta selama 3 tahun yaitu tahun 1976 sampai 1979, lalu kemudian tahun 1979 dia kembali pulang Kupang dan merantau ke Timor –Timur (sekarang Timor Leste), dan diangkat menjadi PNS di Timor-Timur.

Di Timor-Timur, Yance Ndaumanu menikah dengan isterinya bernama Maria Liliana Maia dan dikarunia 3 orang anak bernama Jenly Ndaumanu, Christian Ndaumanu dan Johan Ndaumanu.

Yance bersama Isteri tercintanya, Maria Liliana Maia (foto WNN-CHND)

Kemudian pada tahun 1999 terjadilah pemilihan umum di Timor-Timur dan saat itu Timor Timor menjadi Negara sendiri sehingga Yance bersama isteri dan anak-anaknya kembali ke Kupang dan Yance bekerja di Dinas Perikanan Provinsi NTT dan diberikan jabatan sebagai Kasubag Tata Usaha Laboratorium Pemeriksaan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (LPPMHP) Kupang.

Lalu setelah Pensiun Tahun 2006, Yance  bersama isterinya yang Juga Pensiunan PNS, mulai merintis Usaha Rumah Makan Tradisional Se’I Babi Bambu Kuning. Banyak suka dan duka saat awal membuka usaha itu namun berkat kerja keras dan Doa, maka keduanya berhasil menjalankan Rumah Makan Bambu Kuning yang kini cukup ramai dan terkenal di Kota Kupang. Rumah makan tersebut banyak dikunjungi oleh masyarakat dan para pejabat daerah maupun pejabat dari luar daerah NTT.

Para Pejabat Kunjungi RM Bambu Kuning (Foto WNN-CHND)

Dan di lokasi Rumah Makan tersebut,  bapak Yance bersama keluarganya membangun tempat Persekutuan Doa yang bernama Persekutuan Doa (PD) Bambu Kuning. Pada hari Senin sampai Sabtu Rumah Makan itu dibuka untuk umum, sedangkan pada hari minggu ditutup untuk kegiatan Pelayanan Iman bersama Persektuan Doa.

Anggota PD Bambu Kuning memiliki jumlah jemaat yang cukup banyak dan selalu dikunjungi oleh para pendeta untuk membawakan Ibadat pada Hari Minggu. Banyak juga jemat-jemaat dari lokasi yang jauh yang datang untuk berdoa bersama Anggota PD Bambu Kuning pada setiap hari minggu.

Bapak Yance dan Anggota PD Bambu Kuning juga selalu lakukan pelayanan berbagi kasih kepapada Jemaat yang tinggal di pelosok-pelosok kota Kupang maupun di kabupaten Kupang dan sekitarnya.

Dalam kesehariannya bapak Yance memiliki 2 kesibukan utama, yaitu mengatur usaha rumah makan dan menyiapkan khotbah setiap minggu untuk melayani jemaatnya di Persekutuan Doa Bambu Kuning tersebut.

Saat memimpin Ibadat Minggu (Foto WNN-CHND)

Kemudian pada tahun 2019, atas dorongan keluarga, sanak saudara dan family, dia mengikuti pemilihan legislatif tingkat kota Kupang dan lolos terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Kupang periode 2019 smpai 2024, dari Partai Demokrat.

Yance mengatakan, saat menjadi angota DPRD Kota Kupang itulah dirinya belajar banyak dan ikut berjuang membantu masyarakat agar keluar dari persoalan hidupnya yang sulit.

Menurut Yance, dirinya cukup memahami benar cara kerja birokrasi dan legislatif  dalam ragka  melayani berbagai kebutuhan hidup masyarakat di kota Kupang.

KELUARGA YANCE NDAUMANU DICINTAI MASYARAKAT

Dalam berbagai perjuangan hidup,  Anak-anak Yance Ndaumanu selalu menemui jalan yang sukses. Semua itu menurut Yance bahwa apa yang diperoleh itu semata-mata karena kemurahan Tuhan, karena Tuhanlah  yang menggerakkan hati setiap masyarakat untuk mendukung usaha dan pekerjaan mereka.

Kepasrahan hidup Yance yang utuh dan setia melayani Tuhan, telah menjadikan dirinya menjadi anggota DPRD Kota Kupang dan juga telah menjadikan kedua orang anaknya berhasil pula dipilih masyarakat menjadi anggota DPRD Kota Kupang.

Anak pertama bapak Yance Ndaumanu bernama, Jeanly Ndaumanu, yang saat ini punya usaha kuliner dan pernah juga jadi anggota DPRD Kota Kupang dari Partai Demokrat periode 2014-2019 dengan memperoleh dukungan suara pribadi sebanyak 1303 suara.

Anaknya yang kedua bernama, Christian Ndaumanu, memiliki usaha Nasi Goreng Babi To,o Kris, dan kini adalah caleg  terpilih DPRD Kota Kupang dari dapil oebobo dengan perolehan suara Pribadi  2248 suara. Dan anak ketiga bernama Johan Ndaumanu, yang juga kini memiliki usaha Kuliner.

Sedangkan ketika bapak Yance Ndaumanu Lolos menjadi Anggota DPRD Kota Kupang pada periode 2019-2024, dirinya memperoleh dukungan suara 1477.

Yance bersama Anaknya Christian Ndaumanu, dalam suatu kegiatan Partai Demokrat (Foto WNN-CHND)

“Semua yang saya bersama isteri dan anak dapatkan dalam hidup ini oleh karena Tuhan sangat Murah Hati pada kami. Karena itu kami sekeluarga berikrar untuk selalu melayani Tuhan dengan cara harus bermanfaat bagi sesame,” ucap Yance mengakhiri pembicaraannya.

Demikianlah hasil wawancara awak media dengan Gustaf Yance Ndaumanu, pada Tanggal 17 April 2024, di Rumah Makan Bambu Kuning, berlokasi di bilangan Kelurahan Kayu Putih Kota Kupang. (Tim Media Wartanet NKRI.Com)

Penulis : Fegas Frans (FF/WNN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights