MAKNA PESAN NATONI PAKET ASIK DAFTAR KE KPU

VoiceNews Id – Sebelum melangkah menuju KPU Daerah Kota Kupang, untuk mendaftarkan diri secara resmi sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kupang periode 2024-2029, Ir. Alexander Foenay – Isyak Nuka, ST.MM (paket ASIK)  menggelar Deklarasi dan Doa bersama partai politik pengusung, tim keluarga, simpatisan dan pendukung di kediaman Alexander Foenay di bilangan terminal oepura kota Kupang.

Deklarasi dan Doa bersama Partai Politik Pengusung tersebut dilakukan pada hari Kamis 29 Agustus 2024, pukul 11.00 sampai pukul 12.00 Wita.

NEKAF MESE AN SAOF MESE

Mengawali sambutan dalam Deklarasi dihadapan ribuan pendukung yang hadir,   Alex Foenay – Isyak Nuka, menyapa serta memohon Doa dan izin dari masyarakat Kota Kupang yang datang dari berbagai suku, ras dan agama.

Alex dan Isyak tak lupa juga menyampaikan pesan moral dari leluhur dan orang tua mereka terkait hidup berdampingan dengan semua orang, dimanapun manusia itu hidup.

Alex-Isyak dan Tim Koalisi, saat Deklarasi (Foto : WNN)

“Saya selalu ingat pesan leluhur kami orang Timor Helong dalam bahasa ibu, yaitu, Nekaf mese an saof mese, panat ma paloil kuan ma balel kopan neu hit sufa kauf,  yang artinya satu hati satu tujuan, jaga dan pelihara kota kupang, kota toleransi demi anak dan cucu kita. Makna dari pesan inilah yang mendorong saya dan pak Isyak untuk maju dalam Pilwalkot Kupang,”ucap Alex Funay, mengakhiri sambutannya.

Kepala Bakomstra DPC Demokrat Kota Kupang, Matt Ully, yang dimintai komentarnya terkait makna isi dari pesan leluhur tersebut, dia mengatakan, bahwa Alex dan Isyak sadar benar tentang kehidupan masyarakat Kota Kupang yang sudah sangat heterogen, makna mendalamnya untuk merangkul semua kalangan untuk membangun kota Kupang demi mewujudkan cita-cita  Indonesia Emas di 2045, yang dimulai dari kota kupang sebagai bagian dari wilayah kesatuan NKRI.

“Alex dan Isyak menyadari bahwa membangun kota Kupang diberbagai aspek kehidupan butuh kerjasama dan kerja kolaboratif dengan berbagai elemen masyarakat dan perangkat daerah,”jelas Matt Ully di disela-sela kesibukannya saat menyiapkan diri melakukan perjalanan menuju KPUD Kota Kupang untuk mendaftarkan paket ASIK.

Matt Ully, menambahkan, bahwa saat Tiba di KPUD Kota Kupang, Tim Paket ASIK akan memaparkan Tuturan Adat Leluhur Tanah Timor yang disebut NATONI.

Kepala Bakomstra Demokrat Kota Kupang, Matt Ully (Foto : WNN)

“Tuturan Natoni adalah bentuk penghormatan, penghargaan dan pelestarian terhadap nilai-nilai positif dan pesan moral warisan peninggalan leluhur orang Timor. Sebagai manusia yang lahir dan hidup dari rahim budaya, kita patut melestarikannya sebagai penuntun  sikap, moral dan tindakan. Dan hendaknya Isi tuturan Natoni menjadi spirit perenungan bagi tiap orang dimanapun dia berada baik sebagai masyarakat maupun sebagai pemimpin,”papar Matt Ully.

Kedatangan Paket Asik, disambut Tuturan NATONI (Foto : WNN)

IRING-IRINGAN RIBUAN PENDUKUNG ANTAR ALEX-ISYAK KE KPU

 Selesai Deklarasi, Alex – Isyak diantar ribuan masa pendukung dan  pengurus 6 partai pengusung menuju KPUD Kota Kupang, dan sekitar pukul 13.00 Wita, merekapun tiba.

Kedatangan Alex Foenay dan Isyak Nuka, disambut Sekretaris KPU Kota Kupang, Agustinus Ola Paon bersama para Komisioner KPU serta Bawaslu, dan dilanjutkan dengan Tuturan Adat Natoni sebagai penghormatan pada para leluhur Tanah Timor  dan ungkapan hormat kepada pihak Penyelenggara KPU, Pemerintah dan seluruh pihak yang hadir.

Kemudian Alex – Isyak dan pengurus Tim Koalisinya mengisi daftar hadir dan dipersilahkan masuk menyerahkan berkas-berkas pendaftaran  yang ditentukan untuk diperiksa pihak KPU Kota Kupang.

Alex Foenay dan Isyak Nuka disambut Sekretaris KPU Kota Kupang, Agustinus Ola Paon (Foto : WNN)

BERKAS PAKET ASIK LENGKAP DAN SAH

Setelah melakukan pemeruiksaan, KPU Kota Kupang mengumumkan berkas paket ASIK  lengkap dan memenuhi syarat serta sah menjadi Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Kupang periode 2024-2025. Pernyataan KPU disambut meriah seluruh pendukung, simpatisan dan relawan.

Alex dan Isya diberikan kesempatan oleh KPU untuk memberikan Pidato singkat.  Dalam pidato itum Alexander Foenay, mengajak seluruh pendukung, simpatisan relawan, tokoh agama, tokoh masyarakat, untuk berjuang memenangkan paket ASIK.

Penyerahan Bukti Pendaftaran Paket ASIK Oleh Ketua KPUD Kota Kupang, Ismael Mannu (Foto : WNN)

“Jika nanti Tuhan berkehendak dan kita menang, kami bekerja melibatkan seluruh komponen masyarakat agar dapat mewujudkan masyarakat kota Kupang yang maju, mandiri, dan bebas dari korupsi. Usaha ekonomi rakyat akan kami dorong untuk menunjang hidup warga guna menopang pendidikan, kesehatan, penanggulangan stunting dan melakukan program lainnya untuk hidup lebih maju dari saat ini,”ujar Alex mengakhiri pidatonya.

 BERDAYAKAN USAHA EKONOMI RAKYAT

Dalam sesi jumpah pers, para wartawan yang hadir menanyakan kepada Alex dan Isyak, terkait berbagai persoalan pembangunan dan masalah kehidupan masyarakat kota Kupang dewasa ini.

Alex dan Isyak, saat jumpah Pers di KPUD Kota Kupang (Foto : WNN)

Kepada para wartawan yang hadir, Alex mengatakan, bahwa ketimpangan berbagai masalah hidup masyarakat karena pendapatan ekonomi keluarga yang buruk, sehingga dia bersama Isyak Nuka akan mendorong usaha-usaha yang bertujuan untuk memberdayaan ekonomi masyarakat menuju hidup mandiri dan berdikari.

“Jika pendapatan ekonomi setiap keluarga membaik, maka persoalan hidup yang dihadapi akan bisa teratasi,”papar Alex, mengakhiri penjelasannya. (wnn/Econ)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights