ALEX DAN ISYAK MELENGGANG MASUK BURSA PILWALKOT KUPANG

WARTANET NKRI – Alexander Foenay dan Isyak Nuka dapat dipastikan akan mendaftar ke KPU Kota Kupang sebagai Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Kupang Periode 2024-2029.

Kedua figur ini merupakan pasangan antara Politisi dan Birokrat yang akan lolos maju dalam bursa Calon Walikota dan Wakil Walikota Kupang setelah dipermudah oleh Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/XXII/2024, dimana pasangan dengan tagline “ASIK” ini memperoleh presentase di atas aturan minimal yang ditentukan dalam keptususan MK tersebut.

“Ya, benar, kami partai Demokrat yang memiliki 4 kursi di DPRD Kota Kupang telah bergabung dengan 4 Partai Non Seat yaitu Gelora, Garuda, PBB dan Partai Buruh untuk mengusung pak Alex Foenay dan pak Isyak Nuka akan mendaftarkan diri ke KPUD Kota Kupang pada 27-29 Agustus mendatang,” ucap Ketua DPC Partai Demokrat Kota Kupang, Maudy Jeaneta Dengah, ketika dikonfirmasi wartawan media ini di sela-sela kesibukannya saat menyiapkan diri untuk mengikuti pelantikan Anggota DPRD Kota Kupang periode 2024-2029 di Gedung DPRD Kota Kupang  pada Senin (26/8/2024).

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Kupang, Maudy Jeaneta Dengah

Ia menjelaskan, jumlah suara sah yang diperoleh Partai Demokrat Kota Kupang pada Pemilu 2024 sebanyak 14.587 pemilih atau 6,91 persen, Partai Gelora memperoleh 1,55 Persen, Partai Buruh 1,46 persen, Partai Garuda 1,16 Persen dan Partai Bulan Bintang (PBB) memperoleh 0,63 persen.

“Putusan MK Nomor 60 tersebut yang terkait dengan jumlah DPT 250 sampai 500 Ribu pemilih, maka syarat calon harus memiliki suara dukungan 8,5 persen dari DPT, sedangkan DPT Kota Kupang sebanyak 320.659 pemilih, sehingga setelah ditotalkan perolehan suara yang Koalisi kami miliki sebesar 11,61 persen dari DPT yang ada. Maka dengan demikian paket yang kami usung berhak lolos mendaftarkan diri dalam bursa Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Kupang 2024- 2029,”tandas Maudy Jeaneta Dengah.

LIHAT GAMBAR : PUTUSAN MK DAN ATURAN JUMLAH PERSENTASE CALON

ALEXANDER FOENAY : PERNAH TURUT MEMBESARKAN PARTAI DEMOKRAT

Alexander Foenay adalah salah satu figur politisi yang sudah malang melintang dikancah politik Nusa Tenggara Timur dan terlebih Kota Kupang. Alex yang pernah menjabat sebagai Plh Ketua DPC Partai Demokrat Kota Kupang pada sekitaran masa tahun 2007 ke bawah, dimana Partai Demokrat baru beberpapa tahun berdiri pada saat dirinya bergabung menjadi kader partai Demokrat sehingga ia (Alex)  juga telah turut membesarkan partai Demokrat di daerah ini.

 Bakal Calon Walikota Kupang Periode 2024-2029, Alexander Foenay

Alex merupakan orang pertama yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon walikota kupang lewat partai Demokrat pada hari pertama pembukaan pendaftara bakal calon Kepala Daerah Kota Kupang oleh partai Demokrat.

“Ia, Partai yang pertama kali saya datangi untuk mengambil formulir dan mendaftarkan diri adalah Partai Demokrat, saya merasa bahwa saya datang di rumah sendiri,” ucap Aleks saat dihubungi media ini lewat telepon selulernya.

Menurut Alex, keadaan Kota Kupang seperti saat ini, tidak terlepas dari karya Pemimpin-pemimpin yang lalu, yaitu dari Zaman pak S.K. Lerik, pak Daniel Adoe, pak Yonas Salean sampai dengan zaman pak Jefri Riwu Kore, bahkan para Pejabat Walikota Kupang terdahulu.

Mereka telah meletakkan dasar sebagai fondasi pembangunan Masyarakat Kota Kupang, karena itu dirinya berjanji apabila dipilih dan dipercaya oleh rakyat  untuk menjadi Walikota Kupang 2024-2029, maka dia dan wakilnya akan melanjutkan berbagai hal baik  yang telah dibangun oleh pemimpin-pemimpin terdahulu dan sekaligus membenahi serta menyempurnakan berbagai hal yang masih kurang, terutama berbagai persoalan yang melilit kota ini dari masa ke masa demi Kota Kupang yang lebih baik dan sejahtera.

“Jika dipercaya rakyat maka kami akan melanjutkan pembangunan yang ada. Dan yang juga sangat penting bagi kami sekaligus sebagai program unggulan kami berdua adalah mendorong usaha ekonomi kerakyatan sehingga masyarakat kota Kupang memperoleh kehidupan yang lebih baik dari saat ini,”papar Alex.

Menurut Sekretaris DPC Demokrat Kota Kupang, Yeki Thobias Feoh, kepada media ini mengatakan, pak Alex Foenay adalah  putra asli pulau Timor, dia layak menerima tongkat estafet pemimpin nomor 1 Kota Kupang, guna mencurahkan segala kemampuannya untuk mengabdi dan membangun kota Kupang tanah kelahirannya

“Pak Alex adalah mantan Anggota DPRD Provinsi NTT dari Dapil Kota Kupang, sehingga ia sudah pasti dikenal baik oleh masyarakat kota Kupang. Karena itu kami meyakini kalau dirinya akan memperoleh banyak dukungan dari masyarakat kota Kupang,” ungkap Yeki Thobias Feoh, Sekretaris DPC Demokrat Kota Kupang, saat dihubungi wartawan melalui jaringan telepon selulernya.

Kata Yeki, Dalam berbagai perjumpaan untuk mensosialisasikan dirinya sebagai bakal calon walikota, Alex Foenay, selalu berbicara dengan kerendahan hati, dimana dirinya mengatakan bahwa dia bangga dan berterima kasih kepada para pemimpin Kota Kupang terdahulu, yang telah berjuang meletakan pondasi membangun  Kota Kupang  tanah kelahirannya hingg maju seperti saat ini.

Sekretaris DPC Demokrat Kota Kupang, Yeki Thobias Feoh

ISYAK NUKA: PENGALAMAN BIROKRASI YANG MUMPUNI

Sementara Bakal Calon Wakil Walikota, Isyak Nuka yang akan mendampingi Bakal Calon Walikota Alex Foenay, merupakan seorang yang sangat paham bagaimana cara mengelolah birokrasi pemerintahan yang baik dan benar. Isyak Nuka menjadi Kader Partai Demokrat semenjak Rakerda IV Partai Demokrat Provinsi NTT.

Karir Isyak Nuka dalam mengelolah birokrasi pemerintahan tak perlu diragukan lagi, sebab dirinya banyak menjabat kedudukan-kedudukan penting, seperti Staf pada Inspektorat Prov. NTT, Pemeriksa pada Inspektorat Prov. NTT, Auditor Ahli Muda pada Inspektorat Prov. NTT, Auditor Ahli Madya pada Inspektorat Prov. NTT, Inspektur Bidang III pada Inspektorat Prov. NTT, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Prov. NTT,Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Prov. NTT dan terakhir menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur selama kurun waktu 10 tahun sampai ia pensiun.

 Bakal Calon Wakil Walikota Kupang Periode 2024-2029, Isyak Nuka

“kami siap membangun Kota Kupang dengan apa yang kami miliki demi kemajuan hidup masyarakat Kota Kupang. Dengan program unggulan kami tentang Ekonomi Kerakyatan tentu akan mampu meningkatkan taraf hidup setiap warga kota Kupang tercinta,” ungkap Isyak Nuka, ketika diwawancarai wartawan lewat telepon selulernya disaat sedang menyiapkan diri  hendak berangkat  kembali dari Jakarta menuju Kota Kupang, pada, Senin (26/8/2024).

PROFIL SINGKAT BAKAL CALON WALIKOTA , ALEX FOENAY :

Alex Foenay menempuh Pendidikan : Sekolah Dasar di SD Negeri Naikoten 1 Kota Kupang, SMP Negeri 4 Kota Kupang, SMA Negeri 1KotaKupang, Lulus S1 dari Fakutas Teknik Universitas Widya Mandira (UNWIRA) Kota Kupang.

Pengalaman di bangku Pendidikan: sebagai Ketua OSIS SMPN 4 Kupang, Wakil Ketua OSIS SMAN 1 Kupang, Wakil Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UNWIRA Kupang.

Pengalaman Organisasi : menjadi Ketua Kompartemen HIPMI NTT Tahun 1998 – 2001, Ketua Umum HIPMI NTT Tahun 2001 – 2004, Ketua Badan Pertimbangan HIPMI NTT Tahun 2004 – 2007, Sekretaris Umum REI NTT Tahun 1997 – 2001, Ketua DPD REI NTT Tahun 2001 – 2004, Ketua DPD REI NTT Tahun 2004 – 2007, Ketua DPD REI NTT Tahun 2007 – 2010, Ketua Badan Pertimbangan REI NTT Tahun 2010 – 2014, Ketua KORWIL DPP REI Regional III (Indonesia Tengah) Tahun 2007– 2010.

Menjabat Wakil Sekretaris Jenderal DPP REI tahun 2010 – 2014, Ketua KADIN Bidang Perikanan dan Kelautan Tahun 2001 – 2005, Ketua Dewan Program Kemitraan Terpadu (PKT) NTT Antara DPP KADIN dan Bank Mandiri Tahun 1999 – 2004, Anggota Badan Pertimbangan KADIN DaerahTahun 2005 – 2010, Sekretaris Umum DPD Demokrat Tahun 2006 dan Ketua Umum PBSI Provinsi NTT Tahun 2022-2026.

Di bidang Olahraga: Pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Pengurus Provinsi NTT dan lewat ketekunannya ia percayakan sebagai Anggota DPRD NTT Periode 2019-2024.

Alex Foenay menikah dengan Isterinya bernama Yosintha Foenay Tju. Dan dari hasil pernikahan tersebut, mereka dikaruniakan seorang anak laki-laki bernama Michael A. Foenay.

PROFIL SINGKAT BAKAL CALON WAKIL WALIKOTA,ISYA KNUKA :

Nama: Isyak Nuka, ST.MM, Tempat dan Tanggal Lahir di Kota Kupang, tanggal 12 November 1963. Asal/Suku : Kota Kupang/Nagekeo dan Timor Tengah Utara (TTU). Pada tanggal 1 Desember 2023 Pensiun sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Alamat tempat tinggal, Jalan Jalur 40 Perumahan BTN Kolhua, RT.022 RW.007 Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang dan beragama Katolik.

Adapun Pengalaman Kerja dan Jabatan yang diperoleh : Staf pada Inspektorat Prov. NTT 1998-2003 Pemeriksa pada Inspektorat Prov. NTT 2003-2006, Auditor Ahli Muda pada Inspektorat Prov. NTT 2006- 2010, Auditor Ahli Madya pada Inspektorat Prov. NTT 2010-2013, Inspektur Bidang III pada Inspektorat Prov. NTT 2011-2013, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Prov. NTT 2014-2016, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat Prov. NTT 2016-2018, Kepala Dinas Perhubungan Prov. NTT 2018-2023.

Memiliki seorang Isteri tercinta yang sampai saat ini bekerja sebagai Dosen Undana, bernama Dr. Firmina Angela Nai, M.Si, berasal dari suku Ngada-Bajawa.

Dari hasil perkawinan pak Isyak dan Firmina, mereka dikaruniakan anak-anak, yaitu,Francisco E.M. Nuka (35 th), Yoan E. N. Nuka (32 th), Anna Maria H. O. Nuka (22 th), Status Anak ke-1:Kawin dengan MarianaYuni asal Bajawa/Ngada, Status Anak ke-2: Kawin dengan Jeck Gomes Daok asal Rote dan Timor Leste, Status Anak ke-3: Mahasiswa PIP Makassar. (WNN/Pieter)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights