Richard Boleslawski “Memperkenalkan Akting Realis Ke Hollywood”

WARTANET NKRI.COM – Berdasarkan website encyklopediateatru.pl pada artikel mereka tentang Richard Boleslawski yang ditulis dalam bahasa Polandia, sampai saat ini belum ada catatan atau dokumen pribadi yang menyebutkan tentang kelahiran Boleslawski secara pasti. Tapi ada dua salinan akta kelahiran Boleslawski yang menyatakan kalau ia lahir tanggal 4 Februari 1889 di Mohylow Podolski dan dibaptis di sebuah gereja lokal.

Lalu website mxat.ru mengatakan kalau Boleslawski ini awalnya mempersiapkan dirinya untuk berkarir sebagai angkatan laut. Tapi akhirnya memutuskan untuk berkarir di teater dan bergabung dengan First Studio di Moscow Art Theatre di bawah pimpinan Stanislavski dan Leopold Sulerzhitsky. Disanalah ia mulai berkenalan dengan The System milik Stanislavski dan mempelajarinya.

Kalau kalian pada nanya siapa yang membawa The System Stanislavski dan mulai mengajarkannya di Amerika, maka jawabannya adalah Richard Boleslawski dan Maria Ouspenskaya yang membuat sebuah sekolah akting beberapa waktu setelah Moscow Art Theatre melakukan tur pementasan ke US di sekitaran tahun 1922. Mereka berdua, Ouspenskaya dan Boleslawski ini mendirikan American Laboratory Theatre pada tahun 1923. Tempat itu kemudian menjadi tempat Lee Strasberg, Stella Adler, dan Harold Clurman (para pendiri Group Theatre, kelompok yang kemudian melahirkan banyak guru akting ternama) belajar.

Selain menjadi pengajar, Richard Boleslawski juga menjadi sutradara di sana. Di Hollywood ia ditawari beberapa projek film. Dari kesempatan yang didapatkannya itulah ia mengaplikasikan The System Stanislavski di film. Hal itu ternyata berdampak besar pada bagaimana akting film Hollywood. Sebelum Richard Boleslawski masuk, aktingnya selalu tipikal dan cenderung sama. Atau dalam pemahaman kami, mirip dengan akting sinetron kita saat ini.

Bayangin, kalau nggak ada orang ini, kalian mungkin sampai sekarang akan ngelihat akting film Hollywood sama persis kayak akting sinetron kita. Nah… mampus nggak tuh!

Boleslawski menggarap banyak film dan kelompok yang ia buat bersama Ouspenskaya mengubah pandangan orang-orang Amerika soal bagaimana seharusnya akting dilakukan. Selain itu ia juga menerbitkan buku keaktoran yang diberi judul Enam Pelajaran Dasar Seorang Aktor. Menariknya, buku ini rilis duluan dari pada buku gurunya, Stanislavski. (wnn/pieter)

Sumber : AkuAktor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights